Kamis, 13 September 2018

Pengampunan

Suatu hari gue denger lagu yang udah lama banget gue denger waktu ibadah mingguan PMK kampus gue. Gue inget saat gue denger lagu itu, gue lagi membenci orang dan gue tersentuh banget sama lagu itu. Bahkan lagu setahun lalu ini gue denger juga di event ibadah kampus. Disitu gue di doain sama Narasumber yang diundang sama pihak kampus, Marsya Manopo dan SkinniAndrew. 

"Ubah hatiku sperti hatiMu
Kudus berkenan bagiMu
Bagaikan emas yang murni 
Bentuk hati ku slalu
Biar ku menjadi ciptaan yang baru
Bebas dari smua yang jahat
Serupa dengan gambarMu
Sucikanku kuduskan hatiku" - Berkenan BagiMu - GMS

Anehnya lagu ini cukup terngiang-ngiang dibenak gue waktu gue tersakiti dengan orang yang sama. Saat itu gue pernah ga bisa memaafkan orang dan berencana membalaskan dendam ke orang tersebut. Bahkan gue sampe di datengin dalam mimpi tentang orang itu (cukup sering bahkan bisa sebulan sekali). Sampai sekarang gue gak tau apakah mimpi itu maksudnya apa. Cuma seperti rentetan kejadian "If you not forgive her". Gue tau dia membenci gue sedemikian rupa, gue ga tau di pikiran dia apakah masih menghantui bayang-bayang gue. Sampe sepertinya dia block semua sosmed gue (kata gue sih ini ga bakal nyelesein masalah).

Hal yang perlu diinget. 

  • Balas dendam dan pelarian tidak akan menyelesaikan masalah. 
  • Lu ga bisa maksa orang menyukai lu
  • Lu gak bisa bahagiain semua orang
  • Bersyukur atas hidup

Maka dari itu, sadar dahulu. Pengampunan itu kata yang mudah diucapkan tetapi sulit di kerjakan. Maka dari itu sebelum mengampuni, ingatlah:

  1. Bahwa manusia ini sejatinya berdosa dan ga ada manusia yang suci
  2. Kecenderungan manusia itu berbuat dosa dan kesalahan (ga usah heran kalo ada orang berbuat dosa yang sama berkali-kali)
  3. Tuhan sudah mengampuni kita terlebih dahulu 
  4. Penghakiman itu cuma Tuhan yang nentuin, Manusia gak usah ikut-ikutan
Nah, kenapa gue bilang demikian. Simple. Pengampunan itu salah satu bentuk kita mengasihi sesama. Apologize dan Forgive itu kedua kata yang berbeda. Mirip tapi tidak sama. Maka dari itu pengampunan memiliki nilai yang lebih tinggi dari maaf. Mengampuni butuh proses dan butuh iman.
***
Buat yang masih bergumul dengan sakit hati? 

Gini, jangan bikin sakit hati dan luka itu mengkonsumsi diri lu terus menerus. Semakin sakit lu semakin dalam lu jatuh di dalam luka itu. Secara gak langsung luka itu yang bakal membatasi diri lu bahkan mengurung diri lu. Lu gak bakal bisa ngerasain damai lu gak bakalan bisa merasa puas.

Kenapa gue tulis ini? Gue udah pernah ngalamin. Bahkan satu hal yang perlu diinget kalau sekali udah melakukan balas dendam lu gak akan puas dan lu bakal kecanduan buat lakuin lagi dan lakuin lagi which is ga baek dan ga bagus malah yang ada bikin lu semakin terperosok di dalam luka itu. 

Gue tau ini ga gampang bangkit dari rasa sakit hati, proses bakal lama tapi setelahnya lu bakal menjadi orang yang lebih kuat secara batin. Lu gak akan cari-cari pelarian buat lampiasin segala sakit hati lu. 

Maka dari itu pengampunan itu penting. Gue gak nulis ayat karena sudah banyak ayat Alkitab yang nulis tentang pengampunan jadi mending lu baca sendiri aja. 

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar